Sejarah Suryacipta

Sejak beroperasi di tahun 1994, PT. Suryacipta Swadaya tidak hanya berfokus untuk memaksimalkan keuntungan tetapi juga untuk mengorganisasikan Corporate Social Responsibility (CSR) secara efektif dan berkesinambungan untuk mendukung program visi dan misi perusahaan, yaitu “Membangun Indonesia yang Lebih Baik“.

Melalui penerapan CSR yang berkesinambungan, PT Suryacipta Swadaya memiliki visi untuk mencapai kesuksesan dalam bisnis dan kesejahteraan masyarakat. Salah satu program CSR yang menjadi fokus PT Suryacipta Swadaya adalah bidang pendidikan.

Berdasarkan UU No. 20/2003, Pendidikan didefinisikan sebagai usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara.

Untuk menunjukan peran aktif dalam mendidik manusia melalui pendidikan formal, PT Suryacipta Swadaya mendirikan Yayasan Suryacipta berdasarkan Akta Notaris No. 3 tanggal 6 Oktober 2016 yang dibuat oleh Notaris Khadijah Syahbudi Saleh, SH.

Yayasan Suryacipta beroperasi di bidang kemanusiaan dan pendidikan. Bentuk peran aktif dalam pendidikan yang dipilih adalah dengan mendirikan pendidikan vokasi (SMK) atau kadang disebut pendidikan berbasis keterampilan. Banyak perusahaan lebih memilih lulusan pendidikan vokasi (SMK) yang menguasai keterampilan praktis karena lulusannya sudah siap untuk bekerja.

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Suryacipta Karawang didirikan oleh Yayasan Suryacipta bekerjasama dengan Yayasan Karya Akademi Tehnik Mesin Industri Cikarang dan didukung oleh industri-industri di sekitar kawasan industri.

SMK Suryacipta didirikan di Kota Industri Suryacipta Karawang untuk membangun hubungan yang erat dengan industri di sekitar kawasan industri dan untuk menjawab kebutuhan industri dengan lebih cepat.

SMK Suryacipta mulai beroperasi pada Juli 2019 dengan membuka bidang Technology and Engineering dengan program studi Mechanical Engineering dan Industrial Electronics.

SMK Suryacipta melengkapi diri dengan fasilitas yang lengkap, kurikulum berbasis keterampilan yang menyelenggarakan pelatihan teori dan praktik proporsional, serta penerapan Production Based Education Training (PBET). SMK Suryacipta juga mendidik Masyarakat menjadi pribadi yang lebih baik

Sejarah ATMI

Politeknik ATMI Surakarta merupakan salah satu institusi pendidikan yang berkonsentrasi pada pendidikan vokasi (kejuruan). Sejak tahun 1968, ATMI, yang merupakan bagian dari Mikael College dan dikelola oleh Komunitas Jesuit Indonesia, telah menghasilkan banyak alumni yang menduduki jabatan penting di dunia industri atau memiliki industri sendiri. Alumni Politeknik ATMI-Kolika tidak hanya diakui keunggulannya dalam keterampilan teknis saja, tetapi juga dihargai karena sikap, moralitas dan integritasnya dalam tindakan mereka sehari-hari.

Sistem pendidikan vokasi yang baik di Polilteknik ATMI Surakarta telah lama diakui oleh pemerintah, industri, dan masyarakat luas. Untuk informasi lebih lengkap silahkan kunjungi: www.atmi.ac.id dan www.atmicikarang.ac.id